Syarat pinjaman online sangat berbeda dengan apabila anda mengajukan pinjaman tunai kesebuah lembaga ataupun bank. Proses administrasi yang disingkat seminimal mungkin membuat pinjaman online menjadi sebuah trend saat ini. Apalagi saat anda mengalami masalah keuangan dan membutuhkan solusi yang cepat. Ada beberapa yang memberikan syarat pinjol yang simple sehingga dapat memberikan pinjaman tunai saat itu juga atau langsung cair. Dengan catatan anda harus melengkapi syarat pinjaman online yang diberikan oleh penyedia atau aplikasi yang anda pakai.

Syarat Pinjaman Online

Berkembangnya perusahaan Fintech (Financial Technology) membuat mereka berlomba – lomba untuk menyediakan layanan atau jasa keuangan, salah satunya yakni Pinjaman Online. Perlu diketahu bahwa apabila anda ingin meminjam uang tunai pastikan aplikasi atau perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga kemanan data dan biasanya bunga pinjaman yang diberikan akan sedikit lebih rendah. Cara daftar pinjaman online yang sudah terdaftar OJK atau Legal biasanya akan lebih mudah dan tidak ribet.

Sebenarnya tips agar pinjaman di acc pinjol dan bank tidaklah jauh berbeda. Seperti di aplikasi dana, indodana, aku laku, adakami, easy cash, ksp atau bahkan di bank bca dan bri sama saja. Syarat pinjaman online yang diberikan juga pasti hanya seputar KTP dan NPWP selebihnya sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak aplikasi pinjol. Nah, berikut akan saya bahas lengkap mengenai apa saja yang dibutuhkan saat mendaftar dan mengajukan pinjaman melalui online.

Syarat Mengajukan Pinjaman Online

Dibagian awal saya akan membahas mengenai syarat pinjaman online secara umum. Kebnayakan pinjol pasti meminta data mengenai KTP, NPWP dan Slip Gaji. Namun, ada juga beberapa pinjaman online tanpa NPWP dan Slip Gaji tetapi akan sulit sekali untuk ditemui.

1. KTP

KTP atau Kartu Tanda Penduduk menjadi salah satu syarat utama untuk mengajukan pinjaman online tanpa angunan. Dengan anda mengunggah dokumen KTP semua syarat data yang dibutuhkan tersedia.

Mulai dari umur, kebanyakan pinjol illegal ataupun legal diawasi OJK memberikan persyaratan minimal umur 18 tahun atau 21 tahun sedangkan untuk maksimalnya relatif. Yang artinya sesuai dengan masing – masing penyedia pinjaman. Ada yang sampai 40 tahun atau bahkan tanpa batas usia.

Domisili atau alamat rumah, hal ini menjadi penting untuk melengkapi data sebagai calon nasabah pinjaman uang tunai secara online. Alamat rumah akan menjadi patokan nantinya apabila anda mengalami keterlambatan membayar.

2. Slip Gaji

Slip gaji menjadi tanda bahwa anda memiliki pekerjaan atau tidak. Bukti pembayaran gaji ini nantinya akan digunakan untuk mengetahu berapa pendapatan bulanan anda. Karena pada pinjaman online syarat minimal pendapatan biasanya 3 juta rupiah ataubahkan ada yang dibawahnya. Semakin tinggi gaji bulanan anda “biasanya” limit pinjaman juga akan lebih banyak.

3. Rekening Bank

Rekening bank menjadi syarat pinjaman, tanpa rekening bank sepertinya akan sedikit kesulitan. Karena proses pencairan ataupun pembayaran cicilian semua dilakaukan melalui transfer. Walaupun beberapa penyedia pinjol bisa menggunakan wallet digital.

Tips Pinjaman Online 24 Jam Cair

Tips yang pertama pastikan anda tidak ada riwayat buruk pada pinjaman online legal ataupun dibank. Pasalnya, baik pinjol illegal atau legal yang diawasi OJK mereka memiliki sistem untuk mengecek track record keuangan anda. Apabila anda memiliki permasalahan disalah satu pinjaman online atau bahkan sampai gagal bayar, dapat dipastikan pengajuan dipinjaman lain akan sulit untuk cair.

Tips yang kedua yakni pilih pinjaman online yang memiliki kantor dekat dengan alamat KTP anda. Cara ini cukup ampuh untuk mempersingkat proses pencairan pinjaman. Jika dekat bahkan 5 menit saja bisa langsung cair setelah direview oleh sistem ataupun petugas pinjaman.

Tips yang ketiga yaitu mulai ajukan pinjaman dengan nominal yang kecil dan tenor yang cepat. Dalam dunia pinjol ada istilah “akun rawatan” yang artinya akun tersebut dirawat dengan betul. Dengan cara bayar cicilan sesuai tepat waktu tanpa pernah terlambat. Jika sudah mulai dirawat selanjutnya anda bisa ajukan nominal lebih besar dengan tenor yang tersedia.

Tips yang keempat yakni syarat pinjaman yang anda upload harus data asli. Sistem pinjaman online legal bisa mendeteksi apabila dokumen yang anda gunakan palsu. Sehingga proses pinjaman pasti akan ditolak.

Demikian ulasan mengenai Syarat Pinjaman Online Langsung Cair. Syarat diatas berlaku untuk semua aplikasi pinjol yang anda kenal baik akulaku, adakami, easy cash, ksp atau koperasi simpan pinjam dan bahkan bank ternama. Agar di acc oleh penyedia jasa sebaiknya anda ikuti tips dan cara diatas.

 

Bagikan:

Optimalkan ID

Menyalurkan hobi menulis artikel di blog optimalkan.id semoga konten - konten artikel yang dimuat bermanfaat dan membantu kesulitan yang sedang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *