imei oppoOppo adalah sebuah merk smartphone berasal dari China yang saat ini membanjiri pasar Indonesia. Sejak peluncurannya pada tahun 2004 Oppo konsisten menyediakan ponsel yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Puncaknya pada 2016 Oppo resmi menjadi produsen smartphone (android) terbesar di Tiongkok dan memiliki ratusan ribu outlet diseluruh dunia. Besarnya merk yang satu ini pasti tidak luput dengan kualitas yang diberikan. Pasalnya, semakin besar suatu merk maka semakin banyak juga produk palsu tidak berkualitas beredar. Sehingga penting dalam mengecek imei hp oppo sebelum membelinya. Apalagi anda membeli barang second, untuk cara mengecek imei hp oppo tidaklah sulit terdapat berbagai cara yang bisa anda lakukan.

Regulasi saat ini mewajibkan untuk IMEI semua ponsel wajib terdaftar di Kemenprin sebagai parameter bahwa smartphone tersebut terdaftar atau tidak secara resmi di Indonesia. Baik itu Oppo, Samsung, Xiaomi dan Iphone semuanya wajib mendaftarkan IMEI mereka ke Kemenprin. Jika tidak beberapa konsekuensinya yakni sinyal tidak muncul dan tidak bergaransi resmi. Sehingga sering disebut sebagai HP Distributor.

Smartphone jenis seperti ini rawan untuk dimanipulasi. Baik dari segi software ataupun hardwarenya yang sudah direfurbished. Yang artinya ponsel tersebut sudah didaur ulang atau bekas dibongkar. Dengan mengecek imei hp oppo anda bisa memastikan keaslian hp oppo yang dibeli.

Cara Mengecek IMEI Oppo Terdaftar atau Tidak

Cara Cek IMEI Oppo terdapat berbagai cara. Untuk mengecek keasliannya anda harus mencocokan dengan box ketika saat membeli. Untuk HP baru yang dibeli melalui Outlet resmi 99% IMEI seharusnya cocok. Namun, bagi anda yang membeli hp 2nd / second wajib untuk cek imei android sebelum transaksi.

Cara Cek IMEI Oppo Melalui Kode Dial

Cara mengecek imei hp Oppo termudah yakni melalui kode dial. Jika IMEI yang ditampilkan sesuai maka ponsel tersebut bisa dikatakan asli dan terdaftar. Untuk mengeceknya anda cukup tekan *#06#. Kode ini juga bersifat universal bisa digunakan disemua merk smartphone android seperti Vivo, Samsung, Xiaomi, Realme dan lain sebagainya.

Cara Cek IMEI Android Oppo Melalui Pengaturan

Cara ini bisa dikatakan lebih rumit daripada cek melalui kode dial. Namun, dengan menggunakan cara ini dapat dipastikan akurat 100% karena langsung melalui pengaturan HP yang anda pegang. Berikut adalah caranya :

  1. Buka pengaturan pada Smartphone Oppo anda.
  2. Kemudian cari Tentang Ponsel biasanya terletak dipaling bawah pada menu pengaturan.
  3. Cari menu status.
  4. Scroll kebawah untuk menemukan Kode IMEI HP OPPO anda, biasanya terdapat 2 kode yang berawalan dengan angka “8”.

Cek IMEI Melalui Dusbook HP

Cara ini hanya berlaku apabila anda membeli hp dalam kondisi baru. Jika second cara ini kurang akurat, pasalnya tidak sedikit oknum penjual hp second yang nakal. Caranya yakni HP Oppo tanpa dusbook diberikan dusbook hp lain agar harganya naik. Sehingga wajib untuk mencocokan IMEI di Dusbook dan HP jika membeli barang second.

Cara Mengecek IMEI Melalui Website Kemenprin

Jika anda sudah mengetahui IMEI Oppo melalui ketiga cara diatas, selanjutnya anda cek ke website Kemenprin apakah sudah terdaftar atau belum.

  1. Buka website Kemenprin di https://imei.kemenprin.go.id
  2. Selanjutnya masukkan Nomor IMEI Oppo anda dan Klik Icon Pencarian.
  3. Jika terdaftar akan muncul notif “IMEI Terdaftar di Database Kemenprin”.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengecek IMEI HP Oppo Terdaftar atau Tidak mudah bukan? Cek IMEI menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan ponsel yang asli dan tidak palsu. Lebih hati – hati dalam membeli smartphone lebih baik daripada menyesal dikemudian hari.

Bagikan:

Optimalkan ID

Menyalurkan hobi menulis artikel di blog optimalkan.id semoga konten - konten artikel yang dimuat bermanfaat dan membantu kesulitan yang sedang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *