Apa itu CSS? Dalam pembuatan website, CSS merupakan salah satu jenis bahasa yang wajib untuk diketahui. CSS dipakai untuk membangun laman HTML karena berisi kode-kode penting. CSS memiliki peran penting karena berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya dalam sebuah situs. Sejarah CSS kali pertama diusulkan oleh seorang programmer bernama Hakon Wium Lie pada tahun 1994. Pada artikel ini, Anda akan mengenal lebih jauh tentang CSS dan kegunaanya.

apa itu css

Apa Itu CSS

Apa itu CSS? CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yakni bahasa yang digunakan untuk membuat format dan tampilan suatu halaman website. Mulai dari jenis font, warna tulisan, hingga latar belakang halaman. Banyak yang beranggapan bahwa CSS merupakan bahasa pemrograman. Pada kenyataannya, CSS lebih tepat jika disebut sebagai bahasa style sheet yang lebih umum digunakan bersama dengan JavaScript.

Dalam penggunaannya, CSS tergabung dengan bahasa markup lainnya seperti XML dan HTML. Tujuannya tentu saja agar bisa membangun website yang lebih menarik dan memiliki fungsi yang berjalan secara optimal. Pengertian CSS dan contohnya tentu saja perlu Anda ketahui pula. Contoh penerapan CSS yang kerap digunakan oleh para programmer di antaranya adalah menentukan format paragraf, mengubah warna link , membuat text box, menentukan besar kecilnya huruf, membuat tombol link, menyoroti baris dalam tabel, serta masih banyak contoh lainnya.

Kegunaan CSS Untuk Website

CSS diciptakan tidak diciptakan begitu saja. Ada kegunaan tersendiri dari CSS selain mengatur tampilan halaman website yang berbasis HTML ataupun bahasa markup lainnya. Apa itu CSS? Berikut fungsi dan kegunaan dari Cascading Style Sheets yang perlu untuk diketahui lebih lanjut!

1. Mempermudah Pengelolaan Kode

Kegunaan CSS yang pertama adalah pengguna tidak perlu mengubah kode di tiap halaman jika sewaktu-waktu ingin mengganti tampilan website agar lebih baik. Jika ingin mengubah semua latar belakang halaman web, Anda hanya perlu mengedit kode CSS lengkap yang memuat latar belakang. Tak lama setelah itu, perubahan bisa ditampilkan di semua halaman.

2. Membuat Halaman Web Loading Lebih Cepat

Kecepatan loading suatu website bisa jauh lebih meningkat jika menggunakan CSS sebagai pengatur tampilannya. Jumlah kode yang berada di dalamnya bisa diminimalkan karena Anda bisa menulis satu rangkaian kode untuk beberapa halaman webiste sekaligus. Dengan menerapkan cara tersebut, loading menjadi lebih cepat karena beban ketika proses memuat (loading) website lebih kecil.

3. Memperbanyak Variasi Tampilan

Pada dasarnya, HTML bisa mengatur tampilan halaman website namun sangat terbatas. Oleh karena itu, keberadaan CSS sangat diperlukan karena terdapat banyak style tampilan yang ditawarkan, termasuk tampilan website yang lebih bebas. Dengan menggunakan CSS, Anda bisa membuat menu dropdown dan tombol dengan warna yang diinginkan. Hal tersebut tentu saja bermanfaat untuk menghasilkan tampilan website yang lebih profesional.

4. Memberikan Tampilan Website Yang Rapi

Tak hanya itu, CSS juga berguna untuk membuat website yang optimal di berbagai ukuran layar perangkat, baik di ponsel maupun dekstop. Bagaimana bisa begitu? CSS mempunyai banyak properti untuk mengatur konten agar tampilannya sesuai dengan layar.

Dari sekian kegunaan dan apa itu CSS yang sudah dijelaskan di atas, Anda kini bisa mempertimbangkan untuk memilih CSS untuk menampilkan website yang lebih baik. Dengan kemudahan tersebut, para pengguna bisa menghasilkan website yang memiliki performa tinggi.

Bagikan:

Optimalkan ID

Menyalurkan hobi menulis artikel di blog optimalkan.id semoga konten - konten artikel yang dimuat bermanfaat dan membantu kesulitan yang sedang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *